Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Peningkatan Ketahanan Pangan Di Desa Aliantan Kec Kabun,
Wabup Rohul : Sistem Tanaman Hidroponik Merupakan Sistem Yang Menjanjikan

diky
Senin, 18 Jul 2022 06:55 WIB | dilihat: 64 kali

amanatrakyat.com (Rohul) Kabun - Meningkatkan ketahanan pangan terutama dibidang pertanian, Kelompok Tani Desa Aliantan Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu lakukan Budidaya Penanaman tanaman Hidroponik berupa tanaman tanaman sayuran.

Penanaman dengan cara Hidroponik ini selain memberikan kwalitas yang bagus juga menguntungkan dari sisi waktu, dimana dengan cara penanaman Hidroponik ini hanya memakan waktu 20 hari siap panen dibandingkan dengan tanaman biasanya hingga memakan waktu 1 sampai 2 bulan baru bisa panen.

Desa Aliantan membuktikan hal tersebut dengan melakukan penanaman Hidroponik dan melakukan Panen bersama, Jumat (8/7/2022) yang turut di hadiri, Wakil Bupati Rokan Hulu H.Indra Gunawan, Camat Kabun Anang Putra, Kades Aliantan M.Rois Zakaria, SE dan Masyarakat Desa Aliantan.

 

Saat melakukan panen bersama, Wakil Bupati Rohul H.Indra Gunawan mengapresiasi kegiatan pertanian dengan cara Hidroponik yang dilakukan Desa Aliantan dimana selain hanya membutuhkan lahan yang tidak begitu luas, cukup dengan lahan seadanya sudah bisa melakukan cocok tanam dan memberikan hasil yang memuaskan.

Lanjutnya. Sistem ini memang sangat membantu terutama pada situasi saat sekarang ini dimana adanya larangan membuka lahan terutama dengan cara membakar, sistem hidroponik ini merupakan suatu solusi yang bagus bagi masyarakat untuk bercocok tanam.

"Hasil nya bagus dan segar segar, tentu ini memudahkan bagi masyarakat terutama yang terpenting adalah terutama dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga tidak perlu lagi bersusah payah ke pasar untuk membeli sayuran yang belum tentu kwalitasnya bagus bahkan juga banyak bercampur akan zat kimia, dengan adanya sistem ini masyarakat bisa melakukannya di sekitar pekarangan rumah karena ini tidak begitu memerlukan lahan yang luas, dengan sekitaran pekarangan sudah bisa dilakukan" ujar Orang No 2 di Rohul ini.

 

Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu, Indra Gunawan juga akan menghimbau Masyarakat Desa desa lainnya agar bisa melakukan sistem penanaman seperti yang dilakukan Masyarakat Desa Aliantan, selain ini membantu kebutuhan sehari-hari juga bila dikembangkan dengan baik akan juga bisa menambah perkonomian dari masyarakat.

Selanjutnya, Kepala Desa Aliantan,M.Rois Zakaria,SE kepada Awak Media menuturkan bahwa adanya dorongan masyarakat melakukan penanaman sistem Hidroponik ini dikarenakan pada saat sekarang ini untuk penanaman di hutan sudah tidak diperbolehkan terutama dengan cara membakar, maka solusi yang bisa diberikan kepada masyarakat dengan bagaimana cara memanfaatkan lahan yang sempit bisa memberikan hasil yang baik tentu dengan cara sistem penanaman Hidroponik ini.

 

" Ternyata antusias masyarakat dengan tanaman ini sangat baik ditandai dengan setiap hasil panen telah terlebih dahulu diboking oleh masyarakat sendiri sehingga dalam pemasaran tanaman ini tidak sulit bahkan sangat menjanjikan " ucap Rois.

Saat ini sebagai contoh bagi masyarakat, jelas Kades Rois pihak desa telah menganggarkan anggaran dari desa sebesar 20 persen dari anggaran peningkatan ketahanan pangan pasca Covid-19. Dimana anggaran ini tidak hanya untuk tanaman pertanian namun juga untuk hewani yang mana juga telah dianggarkan dengan membeli 63 ekor Kambing yang akan dibagikan kepada 14 Kelompok di 14 RT yang ada di Desa Aliantan.

 

Kades Aliantan, M.Rois berharap kiranya sistem tanaman hidroponik ini bisa berkembang dengan baik dan dari Pemerintah desa siap membantu masyarakat terutama untuk sistem pemasaran, sebab di Desa Aliantan sendiri saat ini telah ada sistem SISPEDAL (sistem informasi pelayanan desa aliantan) yang akan disiap memasarkan hasil tanaman masyarakat. Selanjutnya terkait hewani akan dilakukan dengan cara sistem bergulir.**(SG-Diki)



Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © PT. Tuah Melayu Pers
All right reserved