Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Pemerintah Kabupaten Kampar
Pj. Bupati Kampar Dr. Kamsol, MM Pulang Bainduok Ke Persukuan Piliang Kenegerian Sikijang

Laporan : Abu Bakar (Kampar)
Senin, 27 Jun 2022 10:22 WIB | dilihat: 49 kali

Amanatrakyat.com, Kampar - Ketua Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Kenegerian Tapung (MKA Lakta), Zulfahmi, SH Datuk Mangkuto mengucapkan selamat kepada Penjabat Bupati Kampar yang Pulang Bainduk ke Persukuan Piliang Kenegerian Sekijang. Dengan masuknya Kamsol ke Persukuan Piliang, maka Kamsol merupakan keluarga besar masyarakat adat Kenegerian Sekijang Kecamatan Tapung. Kamsol berarti sudah memiliki hak dan kedudukan yang sama dengan anak Kamanakan yang lain. 

Ketua Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Kenegerian Tapung (MKA Lakta),  Zulfahmi, SH Datuk Mangkuto, (26/06/22) kepada wartawan di Desa Petapahan Kecamatan Tapung mengatakan, masuknya DR. H. Kamsol, MM ke dalam keluarga besar Persukuan Piliang Kenegerian Sekijang Kecamatan Tapung merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi masyarakat adat Tapung Raya. "Dengan masuknya pak Kamsol ke Suku Piliang Kenegerian Sekijang, maka bertambah keluarga kita", ungkap Datuk Mangkuto. 

Zulfahmi Datuk Mangkuto menambahkan, bahwa saat ini Kamsol sudah menjadi bagian dari masyarakat adat Kenegerian Sekijang Kecamatan Tapung. Kamsol sudah memiliki hak dan kedudukan yang sama dengan anak Kamanakan masyarakat adat lainnya, ungkap Zulfahmi. 

Sementara itu, Pucuk Adat Kenegerian Sekijang, Jon Kenedy, S. PD.I Datuk Bandaro Mudo mengatakan, bahwa saat ini jangan adalagi orang yang mengatakan Dr. H. Kamsol, MM bukanlah orang Kampar. Karena Kamsol telah resmi menjadi anak Kamanakan Persukuan Piliang Kenegerian Sekijang Kecamatan Tapung. "Kamsol telah sah menjadi anak Kamanakan Persukuan Piliang dengan Ninik mamaknya Muzakir Datuk Penguhulu Bosau", tegas Datuk Bandaro Mudo.

 

Jon Kenedy juga menghimbau agar Dr. H. Kamsol segera menjalin silaturrahmi dengan seluruh anak Kamanakan kenegerian Sekijang. Dalam keluarga besar, silaturrahmi sesama anak kamanan harus selalu terjaga dan terjalin dengan baik, ungkap Jon Kenedy. 

Melalui media Jon Kenedy yang juga Kades Sekijang berharap, semoga dengan masuknya Penjabat Bupati Kampar menjadi bagian dari keluarga besar Kenegerian Sekijang Kecamatan Tapung, dapat membawa angin segar untuk pembangunan daerah Tapung Raya, khususnya pembangunan Desa Sekijang. Karena Tapung merupakan daerah penyumbang PAD atau DBH yang cukup tinggi. "Sebagai penyumbang PAD atau DBH bagi daerah Kampar, sudah sewajarnya Tapung Raya menjadi prioritas dalam mendapatkan pembangunan di negeri ini. Baik pembangunan infrastruktur, maupun pembangunan SDM dan ekonomi masyarakat", ungkap Jon Kenedy Datuk Bandaro Mudo. 

Sementara itu, Tokoh masyarakat Desa Sekijang, H. Ahmad Taridi, SH. I kepada wartawan, mengaku menyambut baik kedatangan DR. H. Kamsol, MM sebagai bagian dari keluarga besar Persukuan Piliang Masyarakat adat Kenegerian Sekijang. Kehadiran Kamsol menjadi anak Kamanakan Persukuan Piliang, merupakan sebuah penghormatan bagi masyarakat adat kenegerian Sekijang. 

Melalui media mantan Kades Sekijang dua periode tersebut juga berharap, semoga Kamsol yang merupakan penjabat Bupati Kampar  dapat memperjuangkan nasib dan harapan masyarakat adat kenegerian Sekijang Kecamatan Tapung. Pembanguan jalan poros Sekijang merupakan harapan prioritas masyarakat untuk memacu pembangunan desa dan peningkatan ekonomi masyarakat. "Pembangunan jalan tersebut, merupakan harapan utama masyarakat Sekijang kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar", ungkap Taridi.(AR-Abu)



Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © PT. Tuah Melayu Pers
All right reserved