Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Warkah Pengukuhan Gelar Kehormatan Datuk Panglimo Ompu Alam Bosa

Laporan, Hasan Basri Ritonga (Rohul
Senin, 13 Des 2021 05:26 WIB | dilihat: 107 kali

AmanatRakyat.com (ROKAN HULU) - Dengan Rahmat Allah SWT,Tuhan Yang Maha Esa pada hari ini Senin tanggal Tiga Belas bulan pesember tahun Dua Ribu Dua Puluh Satu Masehi, bertepatan dengan Sembilan bulan Jumadil Awal tahun Seribu Empat Ratus Empat Puluh Tiga Hijriah, Lembaga Adat Melayu Riau dengan penuh ikhlas dan bertanggungjawab, melakukan upacara : PENGUKUHAN GELAR KEHORMATAN “DATUK PANGLIMO OMPU ALAM BOSA" Kepada YANG AMAT BERHORMAT TUAN BRIGJEN TNI M. SYECH ISMED, SE, M. Han DANREM 031/WIRABIM

Maka bersesuaian dengan adat Resam Melayu serta mengacu kepada dasar alur dan patutnya, pemilihan ini telah dimusyawarahkan dilingkungan Lembaga Adat Melayu Riau, ditilik menurut patut, disimak menurut layaknya, kemudian barulah dibendangkan ke langit dan disemaikan ke bumi agar yang jauh dapat mendengarnya, yang dekat dapat menyaksikannya, yang jauh di laut dapat memakluminya, yang di darat dapat memahaminya, yang di hulu dapat memagarnya, yang hilir dapat memeliharanya, yang di bukit dapat mengingatnya yang di lurah dapat mengenangnya.

Maka sejak dikukuhkan gelar ini, syah dan berlakulah gelar dimaksud atas diri Tuan Brigjen TNI M Syech Ismed, SE, M Han Danrem 031/Wirabima serta melekat pula himbauan kepada beliau sebagai “Datuk Panglima Ompu Alam Bosa” dalam masyarakat adat Melayu Riau.

Namun, seperti kata orang tua-tua Melayu, yang baharu berubah-ubah, yang hati bersalin ganti maka apabila kelak di kemudian hari terjadilah salah silih yang beriman membuang syarak yang ada membuang tuah, yang arif membuang amanah, yang pantang tidak dipantangkan, yang alur tidak dituruti, maka gelar kehormatan ini akan gugur sebagaimana gugurnya iman, tuah dan marwah. gelar ini akan tanggal, sebagaimana tanggalnya keadilan dan amanah dari pemegang gelar ini.

Demikianlah Warkah Pengukuhan gelar ini dicanangkan semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa memberikan Taufik dan Hidayah, Rahman dan Rahim-Nya kepada kita. Ucapnya Datuk Panglimo Ompu Alam Bosa.*/(Ar.; HBR)



Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © PT. Tuah Melayu Pers
All right reserved