Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Debit Air Sungai Indragiri Menggerus Jalan Hingga Longsor Tiga Titik Daerah Desa Lembah Dusun Gading

Laporan M.Salim.S.H INHU
Rabu, 27 Okt 2021 01:12 WIB | dilihat: 54 kali
Foto: Jalan Aspal Yang Longsor Daerah Lembah Dusun Gading

Amanat Rakyat.com ( INHU) – Curah hujan yang di alami di daerah Kecamatan Pasir Penyu dalam satu bulan terakhir ini membuat debit air sungai Indragiri terus menggerus kondisi jalan aspal yang menghubungkan desa satu ke desa lainnya  sehingga jika kita melintasi jalan tetsebut untuk bulan ini harus super hati hati karena jalan di sekitar tersebut sudah longsor hingga tiga titik sebelum sampai kepada tikungan jalan yang patah menuju kota Air Molek Jalan penghubung antar desa yang ada di Desa Lembah Dusun Gading Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mengalami longsor, hal ini dikhawatirkan akan menghambat aktivitas warga.

Hal ini dikarenakan jalan tersebut merupakan satu-satunya jalan yang menjadi akses bagi warga setempat, selain itu jalan tersebut juga berada di tepian sungai Indragiri

Berdasarkan keterangan yang didapat dari warga setempat yang berhasil dijumpai, longsor ini sudah terjadi pada 3 hari belakang tepatnya sejak Ahad (24/10/2021).

“Terjadinya longsor ini akibat hujan deras yang mengguyur desa Lembah Dusun Gading pada Ahad kemarin,” kata seorang warga yang ada disekitar jalan longsor tersebut.

Menyikapi hal ini, anggota DPRD Inhu dari Dapil IV Adila Ansori langsung turun ke lokasi longsor tersebut guna melihat secara langsung kondisi jalan yang menghubungkan beberapa desa tersebut.

“Ini butuh tindakan cepat dari pihak terkait agar jalan tersebut tidak putus dan akan berakibat terhadap aktifitas warga,” katanya Selasa (26/10/2021) di Air Molek.

Dirinya menghimbau kepada masyarakat terutama yang berada disekitar jalan longsor tersebut untuk bersikap waspada dan hati-hati guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Selain itu saya juga meminta kepada pihak desa untuk menutup sementara jalan tersebut khususnya bagi kendaraan besar,” katanya lagi.

Hal ini agar tidak mempercepat putusnya jalan tersebut serta bisa membuat kendaraan besar yang melintas masuk sungai, tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga (Kabid BM) Dinas PUPR Kabupaten Inhu Suheri ST Menyatakan bahwa pihaknya sudah turun langsung ke lokasi Longsor di Desa Lembah Dusun Gading tersebut.

“Hal ini sudah disampaikan kepada pihak Balai Sungai Wilayah 3, termasuk desain tahun 2022.rencana hari, Rabu (27/10/2021) ini akan dipasang rambu-rambu peringatan, spanduk penuntun dan policeline,” singkatnya. ( Lim )



Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © PT. Tuah Melayu Pers
All right reserved