Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Rakernas FKUB Regional1 di Palembang

Ind
Minggu, 04 Apr 2021 05:17 WIB | dilihat: 233 kali

AmanatRakyat.com (PEKANBARU) -  Dalam upaya memantapkan Moderasi Beragama,Forum Kerunan umat beragama(FKUB) Regional 1. Di Palembang, 31- Maret s/d 2 April 2021 yang lalu.. dihadiri oleh Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama Kementerian Agama RI. DR.H.Nifasri.M.Pd.

Dalam amanatnya, Kapus KUB Kementrian agama mengatakan, Moderasi Beragama sebagai landasan untuk menciptakan Kerukunan umat Beragama di Indonesia, agar setiap pemuka Agama memahami seluk beluk Agamanya masing-masing, sehingga tidak ada lagi masing-masing Agama saling hujat menghujat,tuduh menuduh,Karna Konsep Moderasi adalah,tidak memandang agama terlalu berlebihan dan menimbulkan Paham Ekstrem atau Radikalisme dikalangan Agama.

Kepala kantor Kementrian Agama Palembang-Sumatra Selatan,dalam sambutanya,Mengajak organisasi FKUB seluruh Indonesia,khususnya Regional.1 untuk selalu mensosialisasikan PBM 2 menteri,agar masyarakat tetap memahami bagaimana hidup berdampingan yang harmonis,tampa ada perselisihan dalam mengamalkan ajarannya masing-masing Dalam pada itu Drs.

H.Rasyidi Hamzah selaku sekretaris FKUB Riau yang juga hadir sebagai peserta Rakernas,mengatakan,Kegiatan Rakernas FKUB ini,menghasilkan beberapa pokok pikiran dan Rekomendasi kepada pemerintah antara lain :

1. Meminta kepada Pemerintah pusat dalam hal ini,Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri, agar menginstruksikan kepada Gubernur,Bupati, Walikota, agar mengalokasikan Anggaran tiap tahun kepada FKUB,agar bisa membuat kegiatan didaerah masing-masing.

2. Agar setiap Gubernur,Bupati,Walikota menyediakan Kantor khusus FKUB yang Refresentatip,agar bisa dijadikan rumah Kerukunan.

3. Merumuskan aturan pendirian rumah ibadah yang jelas.

4. FKUB senantiasa Mensosialisasikan PBM kepada masyarakat.
Itu diantara Pokok pikiran yang dituangkan oleh Peserta Rakernas.
Rakernas diikuti oleh 20 Propinsi Regional.1,dan setiap propinsi mengirim peserta 7(tujuh) orang terdiri dari Kantor wilayah Kementrian Agama Proinsi 3 orang dan Pengurus FKUB 4 orang.



Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © PT. Tuah Melayu Pers
All right reserved