Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Pemanfaaatan Daun dan Pucuk Nipah

IND
Senin, 15 Mar 2021 09:14 WIB | dilihat: 403 kali

AmanatRakyat.com (INHIL) - Tumbuhan Nipah termasuk tanaman dari suku Palmae, tumbuh di sepanjang sungai yang terpengaruh pasang surut air laut. Tumbuhan ini dikelompokkan pula kedalam tanaman hutan mangrove. Adapun pemanfaatan nipah ini bervariasi mulai dari pemanfaatan bahan baku bangunan, konsumsi, pengobatan dan nilai seni.

Usaha industri tradisional dengan pengolahan daun nipah ini merupakan usaha keluarga secara turun temurun yang dilakukan, seperti hal nya di Desa kuala Gaung, Kecamatan Gaung Anak Serka, Indragiri Hilir hingga saat ini masih dikembangkan.

Daun nipah yang masih muda mirip janur kelapa, dapat dianyam untuk membuat dinding rumah yang disebut kajang.

Daun nipah juga dapat dianyam untuk membuat tikar, tas, topi dan aneka keranjang anyaman.

Pembangunan ekonomi daerah pada akhir-akhir ini menghadapi baik secara internal maupun eksternal, tantangan tersebut dilatar belakangi oleh masalah kesenjangan dan globalisasi. Kesenjangan dan globalisasi dapat berimplikasi pada pelaksanaan percepatan pembangunan ekonomi daerah.

Melalui pengembangan ekonomi daerah berdasarkan potensi sektor unggulan yang dimiliki oleh masing-masing daerah diharapkan dapat meningkatkan keunggulan potensi daerah.

Menurut pengusaha Pengolahan daun nipah tradisional setempat menyatakan bahwa kebutuhan permintaan akan Pucuk nipah ini mengalami peningkatan terhadap permintaan dan terus bertahan.

Pengolahan Sumber Daya Alam (SDA) terutama terhadap sumber daya tanaman nipah yang menjadikan ketergantungan industri tradisional untuk ketersedian bahan baku yang akan dikelola untuk tujuan produksi, sedangkan ketersedian luas areal tanaman nipah di Kecamatan Gaung Anak Serka  tidak dapat ditentukan luasnya karena tanaman ini tumbuh terus menerus sepanjang sungai yang ada di Daerah Tersebut. *(IND)



Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © PT. Tuah Melayu Pers
All right reserved