Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Tokoh Melayu Riau Sayangkan LAMR Berbisnis dengan Blok Rokan

Rul
Selasa, 23 Feb 2021 12:23 WIB | dilihat: 239 kali

AmanatRakyat.com (PEKANBARU) - Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) sebagai lembaga yang terhormat sangat disayangkan masuk dalam ranah bisnis dengan melibatkan diri dalam pengelolaan Blok Rokan. Padahal lembaga adat adalah marwah masyarakat Melayu.

Hal itu dikatakan salah satu tokoh Melayu Riau Drs H Rasyidi Hamzah. Ia menilai banyak pekerjaan LAMR untuk mempertahankam adat budaya Melayu yang kian memudar akibat peradaban zaman.

"Budaya Melayu yang kental dengan nilai dan adat istiadat sudah banyak berkurang, baik dalam agenda-agenda daerah mapun nasional.

Apalagi akibat Pandemi Covid-19 yang mewabah, struktur budaya Melayu yang kental dengan pantun dan adat seperti pernikahan sudah banyak ditinggalkan," kata H Rasyidi.

Kalau ini dibiarkan, lanjutnya, budaya Melayu akan tinggal nama. Sebagai orang yang juga selalu menangani adat pernikahan dengan pantun memantun, LAMR hendaknya memperhatikan apa yang menjadi khitah dalam menagani adat budaya Melayu Riau untuk tetap eksis.

"Kami menyambut baik apa yang jadi keinginan LAM Riau menangani Blok Rokan, tapi kalau memang untuk kepentingan masyarakat Riau secara umum, dan bukan untuk pribadi atau kelompok yang bisa memperkaya diri," sambungnya.

Jika blok Rokan tersebut didapat dari hasil yang terprogram, Rasyidi berharap LAMR tidak lagi membebani APBD yang setiap tahun sangat besar untuk lembaga tersebut. Sehingga untuk pembangunan SDM dan keagaman kurang dapat sokongan. *



Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © PT. Tuah Melayu Pers
All right reserved