Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Presiden RI Beri Arahan Pada Rakornas Pengendalian Karhutla Tahun 2021

Editor : IND
Senin, 22 Feb 2021 03:38 WIB | dilihat: 73 kali

AmanatRakyat.com  (JAKARTA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan beberapa arahan dalam acara Rapat Koordinasi (Rakornas) pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2021.

 

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar di Istana Negara, kemudian juga diikuti oleh Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution bersama Forkopimda Riau secara virtual di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (22/2/2021).

 

Dalam arahannya, Jokowi menyampaikan setiap tahun sejak 2015 kejadian kebakaran besar di Indonesia. Sejak saat itu, Pemerintah Indonesia rutin melakukan pertemuan dalam rangka membahas Karhutla.

 

Pertemuan tersebut bertujuan untuk mengingatkan kepada para Gubernur, Bupati/Wali Kota, Pangdam, Danrem, Dandim, Kapolda, Kapolres, terutama pejabat-pejabat yang baru yang berada di daerah-daerah yang rawan Karhutla.

 

"Ini untuk mengingatkan agar tidak lupa pada aturan main yang sudah kita sepakati di 2016, tahun 2016 kita punya kesepakatan. kesepakatannya adalah bagi pangdam dan kapolda, kapolres, pangdam, dandim yang baru agar tahu dan aturan mainnya masih tetap sama," ujarnya.

 

Ia menegaskan jika ada karhutla dan membesar serta tidak tertangani dengan baik di wilayah Kapolda, Kapolres, Pangdam, Danrem, Dandim dan sebagainya, aturan mainnya tetap sama.

Yakni akan dicopot dari jabatannya.

 

"Saya kira kita masih ingat semuanya kalau yang rutin setiap tahun ikut pertemuan dengan saya pasti semuanya masih ingat, yaitu dicopot, yaitu diganti," tuturnya.

 

Ia kembali mengingatkan bagi pejabat-pejabat baru agar tahu aturan mainnya dan meminta setiap daerah untuk segera mengantisipasi terjadinya karhutla di daerah masing-masing. Karena menurutnya, penanganan karhutla memakan biaya yang sangat banyak.

 

"Harus tetap waspada jangan lengah," tuturnya. (MCR)



Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © PT. Tuah Melayu Pers
All right reserved