Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Provinsi Riau Salah Satu Provinsi Percontohan Rendah Karbon di Indonesia

Editor : Indra
Kamis, 14 Jan 2021 06:11 WIB | dilihat: 249 kali

AmanatRakyat.com (PEKANBARU) - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution mengungkapkan, Provinsi Riau merupakan salah satu provinsi percontohan rendah karbon di Indonesia.

 

Itu karena Pemerintah Provinsi Riau berkomitmen menanggulangi permasalahan dunia melalui misi ke 2 yakni Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau tahun 2019-2024 yaitu mewujudkan pembangunan infrastruktur daerah yang merata, berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

 

"Konsep pembangunan Riau kedepan akan memprioritaskan pendekatan restorasi ekosistem dari pada kebijakan pembangunan yang ekstraktif, ini akan menambah tekanan terhadap sumber daya alam dan lingkungan hidup," kata Wagubri saat mengikuti Rapat Paripurna DPRD Provinsi Riau dalam penyampaian pendapat kepala daerah terhadap Raperda tentang pengelolaan rehabilitasi dan lahan kritis, Kamis (14/1/2021).

 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau juga berkomitmen untuk mewujudkan tujuan pembangunan yang berwawasan lingkungan.

Yang mana ini dilakukan melalui implementasi dan konsep pembangunan Riau Hijau.

 

Lebih lanjut Wagubri mengungkapkan, langkah strategis yang dilakukan yakni rehabilitasi hutan dan lahan. Dimana itu bisa menjadi solusi atas permasalah lahan kritis yang cukup luas dalam konteks perbaikan kualitas lingkungan hidup daerah yang sangat besar implikasinya terhadap sendi kehidupan masyarakat dan daya saing Provinsi Riau dalam sektor perekononian regional maupun global.

 

Untuk itu, Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pengelolaan rehabilitasi dan lahan kritis menjadi Peraturan Daerah (Perda) sangat diperlukan demi terwujudnya rehabilitasi hutan dan lahan yang memberi manfaat signifikan terhadap perbaikan kualitas lingkungan hidup, kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah menuju masa depan Riau yang Cemerlang, Gemilang dan Terbilang. (MCR)

 

 

 



Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © PT. Tuah Melayu Pers
All right reserved