Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Simulasi, Lanal Dumai Lumpuhkan Bajak Laut

rtc
Jumat, 23 Sep 2016 10:30:58 WIB | dilihat: 769 kali

DUMAI- Kinerja Lanal Dumai membuahkan hasil yang memuaskan, Satu orang Pembajakan kapal berhasil dilumpuhkan dan empat orang berhasil ditangkap personil Lanal Dumai.

Pembajakan yang terjadi di Kapal Tugboat (KT) Global Mandiri langsung diketahui oleh Danlanal Dumai Letkol Laut (P) Muhammad Risahdi, beliau langsung memantau aksi tersebut dengan menggunakan kamera Droune.

"Sebelum terjun kelokasi, kita melihat jumlah dan posisi pelaku diatas kapal (tugboat) dengan menggunakan drone," kata Letkol Laut (P) Muhammad Risahdi, Kamis (22/9/16).

Setelah mengetahui jumlah dan posisi pelaku, Danlanal Dumai bersama dengan 10 orang team langsung menuju kapal yang tengah dibajak dengan menggunakan kapal Sea Reader Lanal Dumai.

Saat melakukan penyergapan diatas kapal KT Global Mandiri, salah seorang pelaku berhasil dilumpuhkan dengan timah panas, dan empat orang berhasil dibekuk dan diamankan ke Pos Lanal Dumai.



Disebutkan Danlanal, dalam aksi perompakan tersebut, sebanyak delapan orang ABK KT Global Mandiri sempat dibuang perompak ke perairan laut Dumai, dan langsung diselamatkan Basarnas Pekanbaru dan Satpol Air Polres Dumai.

"ABK yang berhasil kita selamatkan langsung mendapatkan perawatan diatas KAL (Kapal Angkatan Laut) Tedung dan Jemur," kata Danlanal Dumai.

Disebutkannya, pihaknya berhasil melumpuhkan para perompak dalam waktu 20 menit.

Aktivitas diatas merupakan simulasi atau latihan terpadu VBSS dan SAR 2016 yang melibatkan Pangkalan TNI AL Dumai dan Instansi Maritim melaksanakan latihan penanggulangan pembajakan dan SAR di Perairan Dumai dalam rangka menjaga stabilitas keamanan di laut.

"Ini merupakan bentuk Sinergitas antara Kantor Kesehatan Pelabuhan dan RSUD Kota Dumai, PMK dan KSOP, untuk menyelamatkan dan merawat korban yang dapat diselamatkan di laut," katanya mengakhiri.***(had)



Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © PT. Tuah Melayu Pers
All right reserved